Senin, 09 November 2009

BAYI SULIT DAN BAYI MUDAH

Mama, sekarang aku akan bercerita tentang temperamen bayi. Beruntung lo Mama memiliki aku, karena aku tergolong bayi yang mudah (easy baby). Bayi seperti aku ini mudah beradaptasi dengan lingkungan sehingga memasuki lingkungan baru atau bertemu dengan orang asing, aku tidak cengeng. Kalau pun menangis biasanya akan mudah tenang dan tidak berkepanjangan.

Nah, selain bayi mudah, ada juga bayi sulit (difficult baby), dan “lambat panas” (a slow to warm up baby). Bayi sulit adalah bayi yang menunjukkan reaksi negative –seperti menangis dan menunjukkan sikap menolak—pada suatu yang bukan kegiatan rutin hariannya. Adaptasinya amat lambat dalam menerima pengalaman baru. Contoh, kala cuaca panas sedikit saja bayi ini bisa menangis berlama-lama. Sedangkan, bayi yang bertipe lambat adalah bayi yang tidak mudah tapi juga tidak sulit karena masih mau beradaptasi meskipun lambat dan memiliki mood dengan intensitas rendah. Alhasil, saat memasuki lingkungan baru, ia perlu mengamati situasi dulu beberapa waktu baru bisa merasa nyaman.

Nah, ketiga tipe bayi ini akan berhubungan dengan kekerapannya menangis. Sebaliknya bayi sulit akan dikenal sebagai bayi yang rewel. Sementara yang bertipe lambat panas, tidak mudah rewel asalkan ia merasa dirinya nyaman. (Sumber : Nikita No. 511)

Tidak ada komentar: